Siba Island Resort

Siba Island Resort

Pulau Siba merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dan memiliki taman agrowisata yang dengan potensi melimpah. Selain itu, pulau ini sudah didukung fasilitas akomodasi berupa resort yang bisa disewa dengan tarif sesuai budget, kolam renang umum, dan tempat wisata memancing.

Pulau ini dinamai Siba sesuai dengan nama pemiliknya yaitu Syafruddin Siba. Syafruddin Siba merupakan orang di balik suksesnya pulau ini menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Deli Serdang.

Dulunya pulau ini memang merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan hanya di tumbuhi oleh tumbuhan laut yaitu bakau.

Namun, setelah di benah oleh seorang pengusaha dan juga seorang dosen Universitas Sumatera Utara (USU) yang bernama Syafruddin Siba maka penampilan pulau yang dihiasi pemandangan vegetasi hutan mangrove (bakau) di sepanjang perairan ini berubah menjadi sebuah pulau yang indah.

Pulau Siba ini dulunya merupakan sebuah tempat menambak ikan dan tanaman bakau yang biasa-biasa saja. Kemudian pulau ini di kembangkan menjadi sebuah tempat wisata yang indah dengan segala fasilitasnya.

Pulau Siba ini memiliki luas sekitar 14 ha. Namun, di tengah luasnya pulau ini fasilitasnya lengkap gak? Jangan khawatir, fasilitas di pulau ini bisa di katakan sudah sangat lengkap.

Fasilitas yang ada di Pulau Siba ini yaitu transportasi untuk pulang pergi, hotel, ruang rapat, restoran, masjid hingga berbagai olahraga air yang menarik juga tersedia di Pulau Siba ini. Selain fasilitas tersebut juga ada fasilitas lain seperti kolam renang, waterboom, museum maritim, outbond dan tempat perkemahan.

Playground di pulau ini letaknya ada di pinggir dan agak jauh dari pepohonan. Wahana bermain memiliki pemandangan laut yang indah dengan kapal-kapal di pinggirnya. Selain itu, ada perosotan dan kolam pasir yang bisa dijadikan sebagai objek bermain anak. Tersedia juga waterboom anak dengan fasilitas lengkap, mulai dari seluncur air, ember tumpah, hingga ayunan air.

Tak jauh dari situ, terdapat waterpark yang cukup luas dengan berbagai macam permainan air. Kolam yang tersedia ada dua macam, yaitu kolam untuk berenang dan bermain. Bagi Anda yang ingin bermain air dan menikmati keseruan wahana waterpark, bisa menjelajah bagian kiri kolam. Sementara, bagi Anda yang ingin menikmati kesegaran air sambil belajar berenang, bisa menuju ke kolam sebelah kanan.

Jika Anda ingin naik wahana yang memacu adrenalin, pergilah ke bagian pinggir pulau dan agak jauh dari waterpark. Di area tersebut, Anda akan menemukan tempat penyewaan speed boat dan jet ski. Anda bisa menyewanya beramai-ramai atau sendirian. Bagi Anda yang baru pertama kali naik speed boat atau jetski, Anda bisa meminta bantuan para joki untuk mengajari cara mengemudi kendaraan air itu.

Khusus speedboat, Anda tidak hanya bisa memakainya untuk mengelilingi pinggir pulau. Anda juga bisa menjadikannya sebagai kendaraan untuk memancing. Di wilayah ini, memang terdapat banyak ikan yang bisa dikonsumsi. Meskipun begitu, memancing secara langsung di laut lepas tidaklah mudah. Jika Anda merasa kesulitan dan tidak mendapatkan banyak ikan, Anda bisa pergi ke kolam pemancingan yang letaknya tak jauh dari playground anak.

Kolam pemancingan di Pulau Siba terbilang cukup besar, dengan aneka jenis ikan tawar yang bisa dikonsumsi, antara lain mujair, nila, gurame, patin, dan ikan mas. Untuk memancing di kolam ini, Anda tidak harus membawa peralatan sendiri dari rumah. Di pinggir kolam, terdapat lapak khusus untuk menyewa alat pancing sekaligus membeli umpan berupa cacing, kroto, dan pelet halus.

Setelah mendapatkan banyak ikan, Anda bisa langsung menuju lapak untuk menimbang hasil tangkapan. Ikan yang sudah ditimbang harus dibayar sesuai dengan jenis dan beratnya. Setelah itu, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh atau mengonsumsinya bersama keluarga di tempat. Tak jauh dari tempat pemancingan, juga terdapat kedai khusus yang mengolah ikan hasil tangkapan. Anda bisa memesan jenis bumbu untuk ikan yang akan dimasak.

Bagi kamu yang suka dengan makanan seafood, tempat ini mungkin bisa menjadi surga bagi kamu. Restoran yang ada di pulau ini menyediakan berbagai jenis makanan seafood yang fresh yang siap untuk memanjakan lidah.

Sambil makan di restoran dengan menu seafood yang menggiurkan, kamu juga akan di suguhi pemandangan indah sekitar pulau yang hijau dan semlir angin pantai yang sejuk. Kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah jika dari Pulau Siba ini.

Untuk sampai ke lokasi pulau ini, kita bisa berangkat dari dermaga khusus Siba Islang Resort yang terletak di Jl. Serma Hanafiah Belawan, tepatnya di sebelah Restoran Marina. Kamu bisa menaiki speed boat yang telah disediakan oleh pengelola Siba Island dengan tarif Rp. 70.000,- pulang pergi (PP) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sepanjang perjalanan menuju pulau, kita bisa menikmati pemandangan hijau berupa hutan mangrove di pinggiran pantai. Di tengah perjalanan kamu bisa mengabadikan momen di tengah laut yang luas atau sekedar mengabadikan keindahan laut yang indah.